MENGENAL JURUSAN
Cabang-cabang dari teknik otomotif meliputi :
- Perencanaan (product atau design)
- Pengembangan (development)
- Produksi (manufacturing)
- Perawatan (maintenance)
Di Indonesia saat ini cabang yang sangat mengembang yaitu perawatan dan umumnya tentang perawatan mobil dan sepeda motor.
Sistem dalam otomotif
Dalam teknik otomotif, menguasai sistem-sistem yang mempunyai alat-alat transportasi darat merupakan suatu keharusan. Sistem tersebut terdiri beberapa sistem utama dan puluhan subsistem. Sistem tersebut dapat dikelompokkan :
- Mesin (engine)
- Mesin pembakaran dalam (internal combustion engine).
- Sistem bahan bakar (fuel system).
- Tangki bahan bakar.
- Pompa bahan bakar.
- Karburator atau Sistem injeksi bahan bakar.
- Sistem pengapian (ignition system).
- Sistem pemasukan udara dalam ruang bakar (intake system).
- Sistem pembuangan udara hasil pembakaran (exhaust system).
- Sistem pendinginan (cooling system).
- Sistem pelumasan (lubricating system).
- Sistem keseimbangan roda (spooring balancing)
- Pemindah daya (power train).
- Sistem transmisi (transmission system).
- Rangkaian penggerak (drive train).
- Transfer case (untuk penggerak 4 roda)
- Penggerak yang akhir sekali (final drive)
- Roda (wheel)
- Sistem kemudi (steering system).
- Sistem suspensi (suspension system).
- Sistem rem (brake system).
- Bodi.
- Sistem listrik (electrical system).
Seperti All New Honda Scoopy yang harus diservis setiap 4.000 km sekali. Mau tahu part apa saja yang perlu dirawat atau diganti pada interval servis kedua di 4.000 km?. Yuk simak.
Pertama yang wajib diperiksa adalah filter udara. Part ini wajib dibersihkan dari kotoran.
"Walupun masa pakainya sampai 16.000 km, tapi bisa saja baru 4.000 km sudah kotor akibat debu jalanan," ucap seorang mekanik AHASS yang enggan tenar
Selain filter oli, ada oli mesin yang wajib diganti.
"Untuk interval penggantian oli, harus 2.000 km sekali, karena pada km segitu oli udah berkurang kualitasnya," lanjutnya.
(BACA JUGA: Bikin Ngilu, Ini Dampak yang Terjadi Jika Sembarangan Memendekkan Shockbreaker Depan)
Kemudian yang mesti diperiksa adalah sistem injeksi. Komponen ini dibersihkan menggunakan carbon cleaner, lebih praktis ketimbang karburator yang harus dibongkar.
"CVT juga harus dibersihkan, cukup dengan disemprot kalau ada part yang rusak baru dicek bongkar dan jangan lupa ganti oli CVT bila sudah 4.000 km".
Untuk busi injeksi masa pakainya 8.000 km dan van belt sampai 24.000 km.
"Nah yang harus diperhatikan kampas rem. Bila sudah tipis harus diganti walau umurnya biasanya 8.000 km, tapi perkotaan yang macet bahkan bisa kurang dari itu".
Daftar Harga Komponen Fast Moving All New Honda Scoopy
Oli mesin MPX Rp 40.000








Komentar
Posting Komentar