MENGENAL JURUSAN

TSM SMKN 1 CLUWAK




Pengetahuan tentang taknik otomotif



  Teknik otomotif adalah salah satu cabang ilmu teknik mesin yang mempelajari tenteng bagaimana merancang, membuat dan mengembangkan alat-alat transportasi darat yang mesin, terutama sepeda motor, mobil, bis dan truk


Cabang-cabang dari teknik otomotif meliputi :

  • Perencanaan (product atau design)
  • Pengembangan (development)
  • Produksi (manufacturing)
  • Perawatan (maintenance)

Di Indonesia saat ini cabang yang sangat mengembang yaitu perawatan dan umumnya tentang perawatan mobil dan sepeda motor.

Sistem dalam otomotif

Dalam teknik otomotif, menguasai sistem-sistem yang mempunyai alat-alat transportasi darat merupakan suatu keharusan. Sistem tersebut terdiri beberapa sistem utama dan puluhan subsistem. Sistem tersebut dapat dikelompokkan :

  1. Mesin (engine)
  2. Pemindah daya (power train).
  3. Sistem kemudi (steering system).
  4. Sistem suspensi (suspension system).
  5. Sistem rem (brake system).
  6. Bodi.
  7. Sistem listrik (electrical system).
PADUAN SERVIS 4.000 KM

Panduan Servis All New Honda Scoopy Setelah 4.000 KM, Ini Komponen yang Harus Diganti


 Perawatan motor harus dilakukan secara berkala agar kondisinya selalu fit biar siap diajak ngegas ke mana aja.

Seperti All New Honda Scoopy yang harus diservis setiap 4.000 km sekali. Mau tahu part apa saja yang perlu dirawat atau diganti pada interval servis kedua di 4.000 km?. Yuk simak.

Pertama yang wajib diperiksa adalah filter udara. Part ini wajib dibersihkan dari kotoran.

"Walupun masa pakainya sampai 16.000 km, tapi bisa saja baru 4.000 km sudah kotor akibat debu jalanan," ucap seorang mekanik AHASS yang enggan tenar


Selain filter oli, ada oli mesin yang wajib diganti.

"Untuk interval penggantian oli, harus 2.000 km sekali, karena pada km segitu oli udah berkurang kualitasnya," lanjutnya.

(BACA JUGA: Bikin Ngilu, Ini Dampak yang Terjadi Jika Sembarangan Memendekkan Shockbreaker Depan)

Kemudian yang mesti diperiksa adalah sistem injeksi. Komponen ini dibersihkan menggunakan carbon cleaner, lebih praktis ketimbang karburator yang harus dibongkar.

"CVT juga harus dibersihkan, cukup dengan disemprot kalau ada part yang rusak baru dicek bongkar dan jangan lupa ganti oli CVT bila sudah 4.000 km".

Untuk busi injeksi masa pakainya 8.000 km dan van belt sampai 24.000 km.

"Nah yang harus diperhatikan kampas rem. Bila sudah tipis harus diganti walau umurnya biasanya 8.000 km, tapi perkotaan yang macet bahkan bisa kurang dari itu".

Daftar Harga Komponen Fast Moving All New Honda Scoopy

Oli mesin MPX Rp 40.000


Oli mesin SPX Rp 50.000


Oli gardan Rp 12.000

Busi injeksi Rp 18.500
FIlter udara Rp 45.000

Kampas rem depan Rp 51.000
Kampas rem belakang Rp 47.000






Komentar

Postingan populer dari blog ini

F.Logika Konversi Bilangan